Serena Terkejut Jadi Petenis Tertua Peringkat 1 Dunia | Bungdetik.com

 
  

Serena Terkejut Jadi Petenis Tertua Peringkat 1 Dunia

AFP/KARIM JAAFAR Petenis Amerika Serikat, Serena Williams.

DOHA, Kompas.com – Serena Williams mengaku terkejut bisa kembali menjadi pemain nomor satu dunia di usianya yang sudah 31 tahun. Posisi itu kembali ditempatinya setelah mengalahkan pemain Ceko, Petra Kvitova, di perempat final Qatar Terbuka, Jumat (15/2/2013). Dengan demikian, petenis Amerika Serikat ini dinobatkan sebagai petenis putri tertua yang pernah menduduki ranking 1 dunia.

Williams mengalahkan mantan juara Wimbledon tersebut dengan rubber set 3-6, 6-3, 7-5. Alhasil, peraih 15 gelar grand slam ini berhak menggeser posisi petenis Belarusia, Victoria Azarenka, yang bahkan sudah menjejakkan kakinya di final Qatar Terbuka.

“Saya tak pernah berpikir kembali berada di sini. Ya Tuhan, saya tidak pernah berpikir bisa berada di sini, dan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku,” ujar Williams, yang di semifinal Qatar Terbuka bertemu petenis Rusia, Maria Sharapova.

Di usia yang ke-31, Williams menjadi petenis putri tertua yang ada di posisi teratas. Dia mengalahkan Chris Evert yang pernah melakukan prestasi serupa pada tahun 1985, hanya menjelang beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-31.

Meskipun demikian, sebenarnya kembali ke posisi nomor satu dunia bukan prioritas utama Williams. Dia mengaku hanya ingin kembali ke lapangan dengan kondisi yang baik, setelah sempat mengalami cedera berkepanjangan usai menjuarai Wimbledon 2010.

Williams kehilangan posisi nomor satu pada tahun 2010 karena digeser petenis Denmark, Caroline Wozniacki, dan setelah itu posisinya terus melorot. Tetapi kerja kerasnya berbuah manis, karena setelah memenangi Wimbedon dan medali emas Olimpiade 2012, AS Terbuka dan WTA Championships, dia mulai merangsek ke atas dan akhirnya bisa menjadi nomor satu lagi.

- Daftar petenis putri tertua peraih peringkat 1 dunia

1. Serena Williams (AS)     31 tahun, 4 bulan, 24 hari
2. Chris Evert (AS)         30 tahun, 11 bulan, 3 hari (November 1985)
3. Martina Navratilova (AS) 30 tahun,  9 bulan, 29 hari (Agustus 1987)
4. Lindsay Davenport (AS)   29 tahun,  7 bulan,  8 hari (Januari 2006)
5. Serena Williams          29 tahun,  0 bulan, 14 hari (Oktober 2010)
6. Steffi Graf (Jerman)     27 tahun,  9 bulan, 16 hari (Maret 1997)

Editor :

Aloysius Gonsaga Angi Ebo

 

Comment Form