Ada Daftar Harga Sembako di Pasar Tradisional Solo | Bungdetik.com

 
  

Ada Daftar Harga Sembako di Pasar Tradisional Solo

Ada Daftar Harga Sembako di Pasar Tradisional Solo

Pedagang sayuran di Pasar Gede, Solo, nyawer untuk disumbangkan ke KPK di salah satu los di Pasar Gede, (2/7). Aksi ini merupakan salah satu bentuk dukungan para pedagang pasar tradisional di Solo untuk membatu KPK pembangunan gedung KPK. Tempo/Andry Prasetyo

Kamis, 20 Desember 2012 | 18:04 WIB

TEMPO.CO, Surakarta – Dinas Pengelola Pasar Surakarta, Jawa Tengah, memasang papan elektronik yang berisi informasi harga sembilan bahan pokok di dua pasar tradisional paling besar dan paling ramai, yakni di Pasar Gede Hardjonagoro dan Pasar Legi. Tujuannya untuk memberi panduan harga kepada pembeli.

“Sehingga pembeli bisa mendapat barang yang diinginkan dengan harga wajar,” kata Kepala Dinas Pengelola Pasar Surakarta, Subagyo Kamis 20 Desember 2012. Selain itu, pedagang tak akan menaikkan harga seenaknya sehingga inflasi bisa ditekan.

Peralatan informasi digital itu dipasang di depan pintu masuk pasar agar mudah terlihat pembeli. Mereka bekerja sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah Surakarta untuk melakukan survei harga komoditas. Hasilnya  ditampilkan di layar digital dan diperbarui tiap hari.

Dia mengatakan, pemerintah tak akan memaksa pedagang menjual barang sesuai harga di layar itu. “Kami tidak akan menyeragamkan harga,” katanya. Sebab, ujar Subagyo, harga yang tercantum pada papan itu justru mengikuti harga yang ditawarkan pedagang.

Pemasangan tabel itu dikritik pemerhati sejarah Solo Tempo Doeloe, Heri Priyatmoko. Menurut dia, pemasangan perangkat itu tak mempertimbangkan aspek sejarah dan sosiologis pasar tradisional. “Hanya mengadopsi konsep mal dan merusak karakter pasar tradisional,” katanya.

Heri mengatakan, pasar tradisional kental konsep tawar menawar antara pedagang dengan pembeli. “Pemasangan papan harga itu akan membuat budaya tawar menawar meredup sehingga pasar tradisional menjadi sunyi,” ujarnya.

AHMAD RAFIQ

 

Comment Form