Samsung dan Apple Sama-sama Juara | Bungdetik.com

 
  

Samsung dan Apple Sama-sama Juara

Cnet Galaxy S III dan iPhone 5.

KOMPAS.com – Samsung dan Apple mendominasi pasar global dalam kategori produk komputer pribadi (PC) desktop, notebook, tablet dan ponsel pintar. Keempat produk itu disebut sebagai smart connected device oleh lembaga riset International Data Corporation (IDC).

Dalam laporan Worldwide Quarterly Smart Connected Device Tracker yang dirilis IDC pada Kamis (21/2/2013), tercatat ada 1,2 unit pengiriman smart connected device ke berbagai belahan dunia sepanjang 2012. Sekitar 60,1 persen dari jumlah itu, disumbang oleh ponsel pintar.

Samsung berada di peringkat pertama pada tahun 2012 dengan pangsa pasar lebih dari 20 persen di seluruh kategori smart connected device. Perusahaan Korea Selatan ini mengirimkan 250 juta PC, tablet dan ponsel pintar pada 2012, atau naik 119,3 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut IDC, keberhasilan Samsung ini didorong oleh kesuksesan dalam jajaran produk ponsel pintar.

Sementara Apple, berada di peringkat 2 dalam kategori smart connected device. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini memimpin pasar tablet berkat iPad berukuran 10 inci dan iPad Mini berukuran 7,9 inci. Namun, dalam hal pengiriman PC notebook, Apple berada di peringkat delapan. DanĀ  dalam pengiriman PC desktop, di peringkat 5.

Pengiriman ponsel pintar di tahun 2012 tumbuh 46,1 persen dibandingkan tahun 2011, sedangkan tablet mengalami pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 78,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Manajer Program Worldwide Quarterly Smart Connected Device Tracker IDC, Ryan Reith mengatakan, ponsel pintar dan tablet tumbuh sangat cepat di mana PC tidak bisa bersaing secara realistis karena harga perangkat.

Setelah Samsung dan Apple, menurut IDC, Lenovo berada di peringkat 3 dengan pangsa pasar 6,5 persen. Titik kuat Lenovo masih kuat dalam bisnis PC notebook. Perusahaan asal China ini mengirimkan lebih dari 30 juta unit PC sepanjang 2012.

Posisi empat ditempati oleh HP dengan pangsa pasar 4,8 persen, namun pengiriman smart connected device HP turun 8,5 persen dari tahun ke tahun.

Dell berada di posisi lima dengan pangsa pasar 3,2 persen, atau turun 12,9 persen dari tahun 2011. Baik HP dan Dell, kurang agresif mengirimkan ponsel pintar dan tablet sepanjang 2012.

 

Comment Form