Pemkab Kediri tidak batasi siswa luar daerah | Bungdetik.com

 
  

Pemkab Kediri tidak batasi siswa luar daerah

Kediri (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tidak melakukan pembatasan siswa dari luar daerah untuk penerimaan siswa baru 2012.

“Jumlah sekolah yang ada di kabupaten cukup banyak, jadi kami tidak perlu melakukan pembatasan siswa dari luar kota,” kata Pelaksana Tugas Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Kediri Edhi Purwanto di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, jumlah sekolah yang ada di kabupaten untuk tingkat SMP baik negeri maupun swasta mencapai 103 sekolah, 93 sekolah MTs negeri maupun swasta, lima SMPLB, 26 SMA negeri maupun swasta, 36 MA, tiga SMA, dan 32 SMK baik negeri maupun swasta.

Edhi menuturkan, untuk penerimaan siswa baru sudah dalam persiapan yang akan dimulai Juni 2012. Untuk saat ini, masing-masing sekolah mempersiapkan untuk proses penerimaan siswa baru.

Pemkab juga memberikan perintah untuk penerimaan siswa baru dengan menggratiskan biaya masuk baik di SMP, SMA, sampai SMK negeri. Pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp350 juta untuk PSB, ucapnya.

“Kami sudah melakukan rapat dengan dinas terkait dan Dewan Pendidikan di kabupaten. Tahun ini, kami alokasikan anggaran Rp350 juta unutk PSB,” katanya.

Sementara itu, di Kota Kediri, Dinas Pendidikan setempat justru melakukan pembatasan untuk siswa dari luar kota. Pemkot membatasi jumlah sampai 10 persen.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Gunawan mengatakan pembatasan itu dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya jumlah siswa yang masuk ke Kota Kediri.

“Kami memberikan kuota 10 persen untuk siswa luar kota untuk penerimaan siswa baru tahun ini. Kami memprioritaskan pelajar dari Kota Kediri,” ucapnya.
(ANT-130)

 

Comment Form

Komentar Pengunjung