Pola makan sehat cegah risiko penyakit | Bungdetik.com

 
  

Pola makan sehat cegah risiko penyakit

 Jakarta (ANTARA News) – Tak banyak orang menyadari kalau mencatat pola makan  ternyata dapat mengurangi resiko berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi dan serangan jantung.

Spesialis Gizi Klinik Universitas Indonesia, Dr Pauline Endang Praptini, SpGK mengatakan mencatat pola makan keseharian berguna mengubah pola pikir individu sehingga bisa mengurangi penyakit diabetes, kolesterol, jantung koroner, dan hipertensi.

“Kebiasaan mencatat pola makan dapat membentuk perilaku sehat dari kebiasaan makan,” kata dia dalam diskusi kampanye hidup sehat Soyjoy di Jakarta, Rabu (30/5).

Ia mengatakan, penyebab diabetes bukan hanya dari keturunan, tapi juga karena gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur.  “Penyakit itu tidak pandang umur, 30 tahunan yang sudah terkena diabetes juga ada,” katanya.

Menurut dia, dengan melakukan pencatatan pola makan sehari-hari akan memberikan kebaikan dan motivasi bagi penderita diabetes untuk mengendalikan kadar glukosa di dalam darah melalui pengaturan pola makan.

“Perilaku tersebut merupakan bagian penting dalam manajemen diabetes sehingga pasien diabetes akan menyadari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari,” kata dia.
(tia)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com[1]

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

References

  1. ^ m.antaranews.com (m.antaranews.com)
 

Comment Form